A. Arti Surat
Surat adalah alat
komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang di kehendakinya , yang berisi
tulisan , pernyataan , suatu kabar , harapan , dan tanggapan yang sesuai dengan
keinginan dari penulis surat tersebut . Itu arti surat secara umum atau yang
biasanya masyarakat tahu .
B. Arti CV
Arti CV di bagi atas 2 pengertian ,
yaitu curiculum dan vitae . Curiculum itu sendiri berarti sebagai semua mata
kuliah yang secara kolektif disusun dan direncanakan secara reguler oleh sekolah
atau pendidikan tinggi . Vitae yang berarti segala sesuatu yang vital (penting)
dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang yang bersifat kontinyu . Dengan
arti singkat CV adalah daftar riwayat hidup seseorang.
C. Fungsi Surat
Adapun fungsi surat
yaitu sebagai alat komunikasi antar seseorang , sebagai wakil penulis , sebagai
penghemat waktu dan biaya , sebagai curahan hati dari seseorang , sebagai
sarana informasi dari seseorang .
D. Fungsi CV
CV itu berguna untuk melamar pekerjaan , untuk memenuhi persyaratan
dalam usulan penelitian ( sebagai pemimpin proyek ) ,untuk melanjutkan
pendidikan dan sebagainya . Sesuai dengan kegunaannya dan maksud pembuatannya ,
maka vitae itu bukan semata-mata berisi data pribadi . Vitae itu mementingkan perincian
tentang ‘apa’ dan’siapa’ anda , jadi mencakup kepribadian anda . Curriculum
Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan
siapa diri Anda , apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi
pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang
yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya . Oleh sebab itu
, selain isinya harus lengkap , singkat , dan jelas , juga harus berpenampilan
yang menarik . Namun , perlu diingat bahwa vitae itu harus bersifat ilmiah
yaitu tidak emotif .
E. Jenis-jenis Surat
Masyarakat sudah mengenal surat dari jaman dahulu sebelum adanya
perkembangan teknologi di jaman sekarang yang bisa merubah bentuk surat kertas
menjadi surat elektronik atau bisa menjadi canggih dengan menggunakan alat
komunikasi . Sebelumnya masyarakat hanya mengetahui surat tanpa tahu surat
tersebut termasuk ke dalam surat jenis apa .
Secara umum surat di golongkan menjadi tiga fungsi atau tiga jenis ,
yaitu
1. surat pribadi ,
2. surat resmi ,
3. surat niaga .
F. Struktur Umum CV
1). Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi
lainnya. Jangan lupa menyertakan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah
satu-satunya cara rekruter bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan
kriteria yang ditetapkan. Jangan sampai semua orang terkesima dengan CV Anda
tapi tidak bisa menghubungi untuk proses selanjutnya.
2). Pendidikan
Bagian ini menjelaskan background pendidikan dan hubungannya dengan
pekerjaan yang dituju. Ada orang yang membuat CV menjelaskan dari TK, SD, SMP
sampai perguruan tinggi. Hal ini tidak salah namun dalam banyak hal tidak
terlalu relevan. Hal yang mungkin penting adalah pendidikan dari SMU ke atas
termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti. Anda bisa
memasukkan item pendidikan yang lebih rendah hanya jika menurut Anda punya
relevansi khusus atau ada informasi tertentu yang ingin disampaikan.
3). Pengalaman Kerja
Ini adalah bagian yang paling dilihat oleh rekruter. Pengalaman kerja
memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang
cukup atau masih terbatas. Rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat
segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh
penyesuaian yang panjang. Karenanya bagian ini harus jelas menunjukkan apa yang
Anda kerjakan, nama perusahaan yang tempat kerja sebelumnya, apa yang Anda
lakukan di sana.
4). Skill Yang Dimiliki
Kadangkala Anda perlu menjelaskan dalam CV skill apa saja yang telah
dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya.
Seringkali orang menulis skill ini secara singkat seperti: mampu berkomunikasi
dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan
seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakukan hal
yang sama.
Berikut contoh yang lebih meyakinkan dan informatif:
a. Komunikasi yang baik. Mampu berhubungan dengan
pelanggan, instansi pemerintah dan meyakinkan pihak-pihak yang terkait dengan
pekerjaan.
b. Negosiasi. Ahli bernegosiasi dengan supplier maupun
pihak-pihak luar untuk mendapatkan tawaran yang terbaik bagi perusahaan.
5). Training Yang Pernah Diikuti
Anda perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya
untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja
yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan
sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi
yang dituju.
6). Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang
menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun
dalam bidang kemasyarakatan lainnya.
G. Bentuk- Bentuk Surat
Ini merupakan salah satu faktor yang menentukan baik atau kurangnya
suatu surat adalah dari bentuk surat itu sendiri . Bentuk surat adalah tata
letak atau posisi bagian-bagian surat . Terdapat beberapa bentuk surat yang ada
, yaitu bentuk lurus , bentuk setengah lurus , dan bentuk lekuk . Mari kita
bahas satu persatu-satu ;
- Bentuk Lurus
Bentuk lurus adalah suatu bentuk surat yang diketik semuanya mulai pasak
dari garis pinggir kiri . Selain tempat dan tanggal serta salam penutup , nama
perusahaan (kantor) , nama dan jabatan yang akan menandatangani diketik mulai
dari tengah-tengah antara tepi kanan dan tepi kiri kertas.
- Bentuk Setengah Lurus
Bentuk setengah lurus adalah bentuk surat yang hampir sama dengan
bentuk lurus namun perbedaannya terletak pada pengetikan isi saja yaitu
setiap alenia baru masuk lima spasi .
- Bentuk Lekuk
Bentuk surat ini agak
sedikit berbeda dengan bentuk yang lainnya . Pada bentuk surat lekuk tempat dan
tanggal , salam penutup serta nama dan jabatan diketik disebelah kanan ,
sedangkan isi surat diketik dari pasak pinggir sebelah kiri , dengan ketentuan
bahwa setiap alenia baru masuk ke dalam lima spasi .
Referensi:
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-cv/
A. Arti Surat
Surat adalah alat
komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang di kehendakinya , yang berisi
tulisan , pernyataan , suatu kabar , harapan , dan tanggapan yang sesuai dengan
keinginan dari penulis surat tersebut . Itu arti surat secara umum atau yang
biasanya masyarakat tahu .
B. Arti CV
Arti CV di bagi atas 2 pengertian ,
yaitu curiculum dan vitae . Curiculum itu sendiri berarti sebagai semua mata
kuliah yang secara kolektif disusun dan direncanakan secara reguler oleh sekolah
atau pendidikan tinggi . Vitae yang berarti segala sesuatu yang vital (penting)
dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang yang bersifat kontinyu . Dengan
arti singkat CV adalah daftar riwayat hidup seseorang.
C. Fungsi Surat
Adapun fungsi surat
yaitu sebagai alat komunikasi antar seseorang , sebagai wakil penulis , sebagai
penghemat waktu dan biaya , sebagai curahan hati dari seseorang , sebagai
sarana informasi dari seseorang .
D. Fungsi CV
CV itu berguna untuk melamar pekerjaan , untuk memenuhi persyaratan
dalam usulan penelitian ( sebagai pemimpin proyek ) ,untuk melanjutkan
pendidikan dan sebagainya . Sesuai dengan kegunaannya dan maksud pembuatannya ,
maka vitae itu bukan semata-mata berisi data pribadi . Vitae itu mementingkan perincian
tentang ‘apa’ dan’siapa’ anda , jadi mencakup kepribadian anda . Curriculum
Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan
siapa diri Anda , apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi
pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang
yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya . Oleh sebab itu
, selain isinya harus lengkap , singkat , dan jelas , juga harus berpenampilan
yang menarik . Namun , perlu diingat bahwa vitae itu harus bersifat ilmiah
yaitu tidak emotif .
E. Jenis-jenis Surat
Masyarakat sudah mengenal surat dari jaman dahulu sebelum adanya
perkembangan teknologi di jaman sekarang yang bisa merubah bentuk surat kertas
menjadi surat elektronik atau bisa menjadi canggih dengan menggunakan alat
komunikasi . Sebelumnya masyarakat hanya mengetahui surat tanpa tahu surat
tersebut termasuk ke dalam surat jenis apa .
Secara umum surat di golongkan menjadi tiga fungsi atau tiga jenis ,
yaitu
1. surat pribadi ,
2. surat resmi ,
3. surat niaga .
F. Struktur Umum CV
1). Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi
lainnya. Jangan lupa menyertakan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah
satu-satunya cara rekruter bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan
kriteria yang ditetapkan. Jangan sampai semua orang terkesima dengan CV Anda
tapi tidak bisa menghubungi untuk proses selanjutnya.
2). Pendidikan
Bagian ini menjelaskan background pendidikan dan hubungannya dengan
pekerjaan yang dituju. Ada orang yang membuat CV menjelaskan dari TK, SD, SMP
sampai perguruan tinggi. Hal ini tidak salah namun dalam banyak hal tidak
terlalu relevan. Hal yang mungkin penting adalah pendidikan dari SMU ke atas
termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti. Anda bisa
memasukkan item pendidikan yang lebih rendah hanya jika menurut Anda punya
relevansi khusus atau ada informasi tertentu yang ingin disampaikan.
3). Pengalaman Kerja
Ini adalah bagian yang paling dilihat oleh rekruter. Pengalaman kerja
memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang
cukup atau masih terbatas. Rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat
segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh
penyesuaian yang panjang. Karenanya bagian ini harus jelas menunjukkan apa yang
Anda kerjakan, nama perusahaan yang tempat kerja sebelumnya, apa yang Anda
lakukan di sana.
4). Skill Yang Dimiliki
Kadangkala Anda perlu menjelaskan dalam CV skill apa saja yang telah
dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya.
Seringkali orang menulis skill ini secara singkat seperti: mampu berkomunikasi
dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan
seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakukan hal
yang sama.
Berikut contoh yang lebih meyakinkan dan informatif:
a. Komunikasi yang baik. Mampu berhubungan dengan
pelanggan, instansi pemerintah dan meyakinkan pihak-pihak yang terkait dengan
pekerjaan.
b. Negosiasi. Ahli bernegosiasi dengan supplier maupun
pihak-pihak luar untuk mendapatkan tawaran yang terbaik bagi perusahaan.
5). Training Yang Pernah Diikuti
Anda perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya
untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja
yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan
sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi
yang dituju.
6). Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang
menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun
dalam bidang kemasyarakatan lainnya.
G. Bentuk- Bentuk Surat
Ini merupakan salah satu faktor yang menentukan baik atau kurangnya
suatu surat adalah dari bentuk surat itu sendiri . Bentuk surat adalah tata
letak atau posisi bagian-bagian surat . Terdapat beberapa bentuk surat yang ada
, yaitu bentuk lurus , bentuk setengah lurus , dan bentuk lekuk . Mari kita
bahas satu persatu-satu ;
- Bentuk Lurus
Bentuk lurus adalah suatu bentuk surat yang diketik semuanya mulai pasak
dari garis pinggir kiri . Selain tempat dan tanggal serta salam penutup , nama
perusahaan (kantor) , nama dan jabatan yang akan menandatangani diketik mulai
dari tengah-tengah antara tepi kanan dan tepi kiri kertas.
- Bentuk Setengah Lurus
Bentuk setengah lurus adalah bentuk surat yang hampir sama dengan
bentuk lurus namun perbedaannya terletak pada pengetikan isi saja yaitu
setiap alenia baru masuk lima spasi .
- Bentuk Lekuk
Bentuk surat ini agak
sedikit berbeda dengan bentuk yang lainnya . Pada bentuk surat lekuk tempat dan
tanggal , salam penutup serta nama dan jabatan diketik disebelah kanan ,
sedangkan isi surat diketik dari pasak pinggir sebelah kiri , dengan ketentuan
bahwa setiap alenia baru masuk ke dalam lima spasi .
Referensi:
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-cv/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar