Rabu, 10 Oktober 2012

BAB 3 INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


ILMU SOSIAL DASAR
BAB 3
INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

- PERTUMBUHAN INDIVIDU
  * PENGERTIAN INDIVIDU 
       A). “INDIVIDU” BERASAL DARI KATA LATIN “INDIVIDUUM” ARTINYA “YANG TAK    
           TERBAGI”.
       B).  DALAM ILMU SOSIAL PAHAM INDIVIDU MENYANGKUT TABIATNYA DENGAN 
          KEHIDUPAN JIWANYA YANG MAJEMUK MEMEGANG PERANAN DALAM 
          PERGAULAN HIDUP MANUSIA.
       C). DISIMPULKAN BAHWA INDIVIDU ADALAH SEORANG MANUSIA YANG TIDAK HANYA 
          MEMILIKI PERANAN KHAS DI DALAM LINGKUNGAN SOSIALNYA, MELAINKAN 
          JUGA MEMPUNYAI KEPRIBADIAN SERTA POLA TINGKA SPESIFIK DIRINYA

  * PENGERTIAN PERTUMBUHAN
       A). TERDAPATNYA PERBERDAAN PENDAPAT DIANTARA PARA AHLI, NAMUN DIAKUI 
          BAHWA PERTUMBUHAN ITU ADALAH SUATU PERUBAHAN YANG MENUJU KE
         ARAH YANG MAJU DAN LEBIH DEWASA.
       B). PARA HALI YANG MENGANUT ALIRAN ASOSIASI BERPENDAPAT, BAHWA
         PERTUMBUHAN PADA DASARNYA ADALAH PROSES ASOSIASI (PROSES ASOSIASI
         YANG PRIMER ADALAH BAGIAN-BAGIAN).
       C). DAPAT DIRUMUSKAN BAHWA PROSES ASOSIASI YAITU TERJADINYA PERUBAHAN 
         PADA SESEORANG SECARA TAHAP DEMI TAHAP KARENA PENGARUH BAIK DARI
         PENGALAMAN ATAU EMPIRIS LUAR MELALUI PANCA INDERA YANG 
         MENIMBULKAN SENSASI MAUPUN PENGALAMAN DALAM MENGENAI KEADAAN 
         BATHIN SENDIRI YANG MENIMBULKAN REFLEXIONIS.
      D). KONSEPSI ALIRAN SOSIOLOGI DIMANA AHLI DARI PENGIKUT ALIRAN INI 
         MENGANGGAP BAHWA PERTUMBUHAN ITU ADALAH PROSES SOSIALISASI, YAITU 
         PROSES PERUBAHAN DARI SIFAT MULA-MULA YANG ASOSIASI ATAU JUGA SOSIAL 
         KEMUDIAN TAHAP DEMI TAHAP DISOSIALISASIKAN

-   FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN
   MEMBAHAS PERTUMBUHAN ITU ADA BERMACAM-MACAM ALIRAN, NAMUN PADA 
   GARIS BESARNYA DAPAT DIGOLONGKAN KE DALAM 3 (TIGA) GOLONGAN , YAITU :
   A).PENDIRIAN NATIVISTIK
        PERTUMBUHAN INDIVIDU ITU SEMATA-MATA DITENTUKAN OLEH FAKTOR-FAKTOR 
        YANG DIBAWA SEJAK LAHIR.
   B).PENDIRIAN EMPIRISTIK DAN ENVIRONMENTALISTIK
        PERTUMBUHAN INDIVIDU SEMATA-MATA TERGANTUNG PADA LINGKUNGAN 
        SEDANG DASAR (BAKAT) TIDAK BERPERAN SAMA SEKALI.
   C).PENDIRIAN KONVERGENSI DAN INTERAKSIONISME
        KONSEPSI KONVERGENSI IALAH KONSEPSI INTERAKSIONISME YANG
        BERPANDANGAN DINAMIS YANG MENYATAKAN BAHWA INTERAKSI ANTARA 
        DASAR (BAKAT) DAN LINGKUNGAN DAPAT MENENTUKAN INDIVIDU.

- TAHAP PERTUMBUHAN INDIVIDU
   PERTUMBUHAN INDIVIDU SEJAK LAHIR SAMPAI MASA DEWASA ATAU MASA 
   KEMANTANGAN ITU MELALUI BEBERAPA FASE, SEBAGAI BERIKUT :
   A).MASA VITAL, DARI 0,0 SAMPAI KIRA-KIRA 2,0 TAHUN.
   B).MASA ESTETIK, DARI UMUR KIRA-KIRA 2,0 TAHUN SAMPAI KIRA-KIRA 7, 0 TAHUN.
   C).MASA INTELEKTUAL, DARI KIRA-KIRA 7,0 TAHUN SAMPAI KIRA-KIRA 13,0 ATAU 
        14,0 TAHUN.
   D).MASA SOSIAL, KIRA-KIRA UMUR 13,0 TAHUN ATAU 14,0 TAHUN SAMPAI KIRA-KIRA 
        UMUR 20,0 TAHUN ATAU 21,0 TAHUN.

1. FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
    KELUARGA PADA UMUMNYA, DIKETAHUI TERDIRI SEORANG INDIVIDU (SUAMI), 
    INDIVIDU LAINNYA (ISTERI) YANG SELALU BERUSAHA MENJAGA RASA AMAN DAN 
    KETENTRAMAN KETIKA MENGHADAPI SEGALA SUKA DUKA HIDUP DALAM ERATNYA 
    IKATAN LUHUR HIDUP BERSAMA.
    KELUARGA SEBAGAI KELOMPOK PERTAMA YANG DIKENAL INDIVIDU SANGAT 
    BERPENGARUH SECARA LANGSUNG TERHADAP PERKEMBANGAN INDIVIDU 
    SEBELUM MAUPUN SESUDAH TERJUN LANGSUNG SECARA INDIVIDUAL DI 
    MASYARAKAT.
    A).PENGERTIAN FUNGSI KELUARGA
         FUNGSI KELUARGA ADALAH SUATU PEKERJAAN-PEKERJAAN ATAU TUGAS-TUGAS
        YANG HARUS DILAKSANAKAN DI DALAM ATAU OLEH KELUARGA ITU.
    B).MACAM-MACAM FUNGSI KELUARGA
         PEKERJAAN-PEKERJAAN YANG HARUS DILAKSANAKAN OLEH KELUARGA ITU 
         DAPAT DIGOLONGKAN/DIRINCI KE DALAM BEBERAPA FUNGSI, YAITU :
         A).FUNGSI BIOLOGIS
         B).FUNGSI PEMELIHARAAN
         C).FUNGSI EKONOMI
         D).FUNGSI KEAGAMAAN
         E).FUNGSI SOSIAL

- INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
   1).PENGERTIAN INDIVIDU
        INDIVIDU BERASAL DARI KATA LATIN “INDIVIDUUM” YANG ARTINYA “TAK
        TERBAGI”, INDIVIDU MERUPAKAN SEBUTAN YANG DAPAT UNTUK MENYATAKAN
        SESUATU KESATUAN YANG PALING KECIL DAN TERBATAS.
        KATA INDIVIDU BUKAN BERARTI MANUSIA SEBAGAI SUATU KESELURUHAN YANG
        TAK DAPAT DIBAGI MELAINKAN SEBAGAI KESATUAN YANG TERBATAS YAITU
        SEBAGAI MANUSIA PERSEORANGAN, (PENDAPAT DR. A. LYSEN).
     2)PENGERTIAN KELUARGA
        MENURUT SIGMUND FREUD KELUARGA ITU TERBENTUK KARENA ADANYA
        PERKAWINAN PRIA DAN WANITA.
       ADLER BERPENDAPAT BAHWA MAHLIGAI KELUARGA ITU DIBANGUN
       BERDASARKAN HASRAT ATAU NAFSU BERKUASA.
       DURKHEIM BERPENDAPAT BAHWA KELUARGA ADALAH LEMBAGA SOSIAL SEBAGAI 
       FAKTOR-FAKTOR POLITIK, EKONOMI DAN LINGKUNGAN.
       KI HAJAR DEWANTARA BERPENDAPAT BAHWA KELUARGA ADALAH KUMPULAN
       BEBERAPA ORANG YANG KARENA TERIKAT OLEH SATU TURUNAN LALU MENGERTI 
       DAN MERASA BERDIRI SEBAGAI GABUNGAN YANG HAKIKI, ESENSIAL, ENAK DAN 
       BERKEHENDAK BERSAMA-SAMA MEMPERTEGUH GABUNGAN ITU MEMULIAKAN
       MASING-MASING ANGGOTANYA.
   3).PENGERTIAN MASYARAKAT
       DRS. JBAF MAYOR POLAK, MENYEBUT MASYARAKAT (SOCIETY) ADALAH WADAH
       SEGENAP ANTAR HUBUNGAN SOSIAL TERDIRI ATAS BANYAK SEKALI KOLEKTIVA-
       KOLEKTIVA SERTA KELOMPOK DAN TIAP-TIAP KELOMPOK TERDIRI ATAS 
       KELOMPOK-KELOMPOK LEBIH BAIK ATAU SEKELOMPOK.
       PROF. M.M. DJOJODIGUNA, MASYARAKAT ADALAH SUATU KEBULATAN DARIPADA
       SEGALA PERKEMBANGAN DALAM HIDUP BERSAMA ANTARA MANUSIA DENGAN 
       MANUSIA.
       HASAN SADILY, MASYARAKAT ADALAH SUATU KEADAAN BADAN ATAU KUMPULAN 
       MANUSIA YANG HIDUP BERSAMA.
       JELASNYA : MASYARAKAT ADALAH SUATU KELOMPOK MANUSIA YANG TELAH 
       MEMILIKI TATANAN KEHIDUPAN, NORMA-NORMA, ADAT-ISTIADAT YANG 
       SAMA-SAMA DALAM LINGKUNGANNYA.
       MASYARAKAT DAPAT DIGOLONGKAN MENJADI :
  A).MASYARAKAT SEDERHANA.
  B).MASYARAKAT MAJU (MODEREN).
       MASYARAKAT MAJU DAPAT DIBEDAKAN :
   1).MASYARAKAT  NON  INDUSTRI
  A).KELOMPOK PRIMER

CONTOH :KELUARGA, RUKUN TETANGGA, KELOMPOK BELAJAR, KELOMPOK AGAMA, DAN SEBAGAINYA.
B).KELOMPOK SEKUNDER
CONTOH :SEMUA KELOMPOK SOSIAL, PERKUMPULAN-PERKUMPULAN ATAU ORGANISASI-ORGANISASI KEMASYRAKATAN YANG MEMILIKI ANGGOTA KELOMPOK.
2).MASYARAKAT  INDUSTRI
CONTOH : TUKANG ROTI, TUKANG SEPATU, TUKANG BUBUT, TUKANG LAS, AHLI MESIN, AHLI LISTRIK DAN AHLI DINAMO.
HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

MAKNA INDIVIDU 
a). MANUSIA ADALAH MAHLUK INDIDVIDU, BERARTI MAHLUK YANG TIDAK DAPAT DIBAGI-BAGI, TIDAK DAPAT DIPISAH-PISAHKAN ANTARA JIWA DAN RAGANYA, CONTOH : KEGEMBIRAAN ATAU KECEWA AKAN TERPAUT DENGAN JIWA DAN RAGANYA.
b). KENYATAAN YANG KITA DAPATI DALAM KEHIDUPAN KITA SEHARI-HARI SETIAP INDIVIDU BERKEMBANG SEJALAN DENGAN CIRI-CIRI KHASNYA, WALAUPUN DALAM KEHIDUPAN LINGKUNGAN YANG SAMA, CONTOHNYA: ANAK KEMBAR.
UNTUK MENJADI INDIVIDU YANG “MANDIRI” HARUS MELALUI PROSES, MANUSIA DILAHIRKAN IA MEMBUTUHKAN PROSES PERGAULAN DENGAN ORANG LAIN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BATHINIAH DAN LAHIRIAH YANG MEMBENTUK DIRINYA (SIGMUND FREUD, SUPER EGO PRIBADI MANUSIA SUDAH MULAI TERBENTUK PADA SAAT MANUSIA BERUMUR 5-6 TAHUN)

MAKNA KELUARGA
1. KELUARGA ADALAH MERUPAKAN KELOMPOK PRIMER YANG PALING PENTING DI DALAM MASYARAKAT.
KELUARGA MEMPUNYAI 5 MACAM SIFAT YANG PENTING, YAITU :
HUBUNGAN SUAMI - ISTERI
2.BENTUK PERKAWINAN DIMANA SUAMI–ISTERI ITU DIADAKAN DAN DIPELIHARA
3.SUSUNAN NAMA-NAMA DAN ISTILAH-ISTILAH TERMASUK CARA MENGHITUNG KETURUNAN, PATRILINEAL KETURUNAN GARIS LAKI-LAKI (BATAK), MATRILINEAL KETURUNAN GARIS WANITA (MINANGKABAU) HAK YANG DIURUS OLEH ADIK ATAU SAUDARA PEREMPUAN ADALAH AVONCULAT.MILIK ATAU BENDA KELUARGA
4. PADA UMUMNYA KELUARGA ITU TEMPAT BERSAMA/RUMAH BERSAMA.

C. MAKNA MASYARAKAT
BEBERAPA DEFINISI MENGENAI MASYARAKAT, YAITU :
1.R. LINTON, SEORANG AHLI ANTROPOLOGI MENGEMUKAKAN, BAHWA MASYARAKAT ADALAH SETIAP KELOMPOK MANUSIA YANG TELAH CUKUP LAMA HIDUP DAN BEKERJASAMA, SEHINGGA MEREKA ITU DAPAT MENGORGANISASIKAN DIRINYA DAN BERFIKIR TENTANG DIRINYA SEBAGAI SATU KESATUAN SOSIAL  DENGAN BATAS-BATAS TERTENTU.
2.M.J. HERSKOVIST, MENULIS BAHWA MASYARAKAT ADALAH KELOMPOK INDIVIDU YANG DIORGANISASIKAN DAN MENGIKUTI SATU CARA HIDUP TERTENTU.
3.J.L. GILLIN DAN J.P. GILLIN, MENGATAKAN BAHWA MASYARAKAT ADALAH KELOMPOK MANUSIA YANG TERBESAR DAN MEMPUNYAI KEBIASAAN, TRADISI, SIKAP DAN PERASAAN PERSATUAN YANG SAMA.
4.S.R. STEINMETZ, SEORANG SOSIOLOG BELANDA, MENGATAKAN BAHWAMASYARAKAT ADALAH KELOMPOK MANUSIA YANG TERBESAR YANG MELIPUTI PENGELOMPOKKAN-PENGELOMPOKKAN MANUSIA YANG LEBIH KECIL YANG MEMPUNYAI PERHUBUNGAN YANG ERAT DAN TERATUR.
5.HASAN SHADLY, MENDEFINISIKAN MASYARAKAT ADALAH GOLONGAN BESAR ATAU KECIL DARI BEBERAPA MANUSIA,
DENGAN ATAU      KARENA SENDIRINYA, BERTALIAN SECARA GOLONGAN DAN    MEMPUNYAI  PENGARUH KEBATINAN SATU SAMA LAIN.
KELOMPOK MANUSIA YANG DIMAKSUD OLEH R. LINTON YANG BELUM TERORGANISASIKAN MENGALAMI PROSES YANG FUNDAMENTAL, YAITU :
ADAPTASI  DAN ORGANISASI DARI TINGKAH LAKU PARA ANGGOTA.

D. TIMBUL PERASAAN BERKELOMPOK SECARA LAMBAT LAUN ATAU LESPRIT DE CORPS.
KESIMPULAN DARI DEFINISI-DEFINISI YANG DIKEMUKAKAN DI ATAS :
HARUS ADA PENGUMPULAN MANUSIA DAN HARUS BANYAK, BUKAN PENGUMPULAN BINATANG;
TELAH BERTEMPAT TINGGAL DALAM WAKTU YANG LAMA DALAM SUATU DAERAH TERTENTU;
ADANYA ATURAN-ATURAN ATAU UNDANG-UNDANG YANG MENGATUR MEREKA UNTUK MENUJU KEPADA KEPENTINGAN DAN TUJUAN BERSAMA.
MENURUT ELWOOD, FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN MANUSIA HIDUP BERSAMA, ADALAH :
DORONGAN UNTUK MENCARI MAKAN; PENYELENGGARAN UNTUK MENCARI MAKANAN ITU LEBIH MUDAH DILAKUKAN DENGAN BEKERJASAMA.
DORONGAN UNTUK MEMPERTAHANKAN DIRI; TERUTAMA PADA KEADAAN PRIMITIF; DORONGAN INI MERUPAKAN CAMBUK UNTUK BEKERJASAMA.DORONGAN UNTUK MELANGSUNGKAN JENIS.HIMPUNAN MANUSIA SUPAYA MERUPAKAN KELOMPOK SOSIAL HARUS MEMENUHI SYARAT-SYARAT, ANTARA LAIN :SETIAP ANGGOTANYA HARUS SADAR SUPAYA IA MERUPAKAN BAGIAN LAIN KELOMPOKNYA;ADA HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA ANGGOTA-ANGGOTANYA;ADA SUATU FAKTOR YANG DIMILIKI BERSAMA, SEPERTI NASIB YANG SAMA, KEPENTINGAN YANG SAMA, TUJUAN YANG SAMA, IDEOLOGI YANG SAMA DAN SEBAGAINYA.

- UNSUR-UNSUR DESA
DAERAH, DALAM ARTI TANAH-TANAH YANG PRODUKTIF DAN YANG TIDAK, BESERTA PENGGUNAANNYA, TERMASUK JUGA UNSUR LOKASI, LUAS DAN BATAS YANG MERUPAKAN LINGKUNGAN GEOGRAFIS SETEMPAT.
PENDUDUK, ADALAH HAL YANG MELIPUTI JUMLAH PERTAMBAHAN, KEPADATAN, PERSEBARAN DAN MATA PENCAHARIAN PENDUDUK DESA SETEMPAT.
TATA KEHIDUPAN, DALAM HAL INI POLA PERGAULAN DAN IKATAN-IKATAN PERGAULAN WARGA DESA. JADI MENYANGKUT SELUK BELUK KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA (RURAL SOCIETY).
KETIGA UNSUR DI ATAS INI TIDAK LEPAS SATU SAMA LAIN, ARTINYA TIDAK BERDIRI SENDIRI, MELAINKAN MERUPAKAN SATU KESATUAN.
UNSUR DAERAH, PENDUDUK (POTENTIAL MAN POWER) DAN TATA KEHIDUPAN MERUPAKAN SUATU KESATUAN HDUP ATAU “LIVING UNIT”.
FAKTOR LINGKUNGAN GEOGRAFIS MEMBERI PENGARUH JUGA TERHADAP KEGOTONGROYONGAN, MISALNYA :
FAKTOR TOPOGRAFI SETEMPAT YANG MEMBERIKAN SUATU AJANG HIDUP DAN SUATU BENTUK ADAPTASI KEPADA PENDUDUK.
FAKTOR IKLIM YANG DAPAT MEMBERIKAN PENGARUH POSITIF MAUPUN NEGATIF TERHADAP PENDUDUK TERUTAMA PETANI-PETANINYA.
FAKTOR BENCANA ALAM SEPERTI LETUSAN GUNUNG, GEMPA BUMI, BANJIR DAN SEBAGAINYA YANG HARUS DIHADAPI DAN DIALAMI BERSAMA.

- FUNGSI DESA
DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KOTA, MAKA DESA MERUAPKAN “HINTERLAND” ATAU DAERAH DUKUNG BERFUNGSI SEBAGAI SUATU DAERAH PEMBERIAN BAHAN MAKANAN POKOK;
DESA DITINJAU DARI SUDUT POTENSI EKONOMI BERFUNGSI SEBAGAI LUMBUNG BAHAN MENTAH (RAW MATERIAL) DAN TENAGA KERJA (MAN POWER) YANG TIDAK KECIL ARTINYA;
DARI SEGI KEGIATAN KERJA (OCCUPATION) DESA DAPAT MERUPAKAN DESA AGRARIS, DESA MANUFAKTUR, DESA INDUSTRI, DESA NELAYAN DAN SEBAGAINYA.

- CIRI-CIRI MASYARAKAT PERDESAAN DI INDONESIA PADA UMUMNYA :
HOMOGENITAS SOSIAL
HUBUNGAN PRIMER
KONTROL SOSIAL YANG KETAT
GOTONG ROYONG
IKATAN SOSIAL.
MAGIS RELIGIUS
POLA KEHIDUPAN

- URBANISASI DAN URBANISME
URBANISASI ADALAH SUATU PROSES BERPINDAHNYA PENDUDUK DARI DESA KE KOTA ATAU DAPAT PULA DIKATAKAN BAHWA MERUPAKAN PROSES TERJADINYA MASYARAKAT PERKOTAAN.
PROSES URBANISASI DAPAT TERJADI DENGAN LAMBAT MAUPUN CEPAT, TERGANTUNG DARI PADA MASYARAKAT YANG BERSANGKUTAN, PROSES INI TERJADI DENGAN MENYANGKUT DUA ASPEK, YAITU :
PERUBAHANNYA MASYARAKAT MENJADI  MASYARAKAT KOTA
BERTAMBAHNYA PENDUDUK KOTA YANG DISEBABKAN OLEH MENGALIRNYA PENDUDUK YANG BERASAL DARI DESA-DESA (PADA UMUMNYA DISEBABKAN KARENA PENDUDUK DESA MERASA TERTARIK OLEH KEADAAN KOTA)
SECARA UMUM DAPAT DIKATAKAN SEBAB-SEBABNYA ADALAH :
- DAERAH YANG TERMASUK MENJADI PUSAT PEMERINTAHAN ATAU MENJADI IBUKOTA;
- TEMPAT TERSEBUT LETAKNYA STRATEGIS SEKALI UNTUK USAHA-USAHA PERDAGANGAN/PERNIAGAAN, SEPERTI MISALNYA SEBUAH KOTA PELABUHAN ATAU SEBUAH KOTA YANG LETAKNYA DEKAT PADA SUMBER-SUMBER BAHAN-BAHAN MENTAH;
- TIMBULNYA INDUSTRI DI DAERAH ITU, YANG MEMPRODUKSI BARANG-BARANG  MAUPUN JASA-JASA.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar