Sabtu, 13 Oktober 2012

BAB 4 PEMUDA DAN SOSIALISASI


ILMU SOSISAL DASAR
BAB 4
PEMUDA DAN SOSIALISASI

1. INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI
2. PEMUDA DAN IDENTITAS
3. PERGURUAN DAN PENDIDIKAN

1. INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI
*). REMAJA
- Adalah masa transisi secara psikologis dan sangat problematis, dan pada masa ini memungkinkan mereka berada dalam anomi (keadaan tanpa norma dan hukum).
- Adalah kelompok yang mudah dipengaruhi oleh media masa, apapun bentuknya, karena emosinya yang masih labil.
- Adalah sebagai individu dan masa pancaroba yang mempunyai penilaian yang belum mendalam terhadap norma, etika, dan agama.
*). ANOMI REMAJA
- Menurut Enoch Markum : Muncul akibat keanekaragaman dan kekaburan norma.
Masyarakat yang diharapkan mampu memberi jawaban,  juga berada dalam keadaan transisi.
- Dan dalam keadaan bingung ini mereka mencari pegangan norma yang lain yang memberikan mereka kesempatan untuk menyimpang.
*). ORIENTASI MENDUA
- Menurut Dr. Male : adalah orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua, masyarakat sering bertentangan dengan keterikatan serta loyalitas terhadap peer (teman sebaya).
- Menyebabkan mereka melahap semua informasi tanpa menyeleksinya terlebih dahulu.
- Dan dalam keadaan bimbang menyebabkan mereka mencoba untuk bunuh diri.
*). PERAN MEDIA MASSA
- Untuk memenuhi keinginan dan menyatakan identitas diri.
- Untuk membuktikan bahwa mereka bisa lepas dari orang tua.
- Memenuhi kebutuhan untuk memperoleh aksesbilitas di tengah sesama remaja.

2. PEMUDA DAN IDENTITAS
- Pemuda adalah suatu generasi yag dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan.
Mempunyai masalah-masalah yang bervariasi.
Terdapat proses sosialisasi generasi muda.
Mempunyai banyak potensi positif yang dapat dikembangkan.

Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan generasi Muda Berdasarkan :
1. Landasan Idiil
Ø  Pancasila.
2. Landasan Konstitusional
Ø  UUD 1945.
3. Landasan Strategis
Ø  Garis Besar Haluan Negara.
4. Landasan Historis
Ø  Sumpah Pemuda tahu 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan.
5. Landasan Normatif
Ø  Etika, tata nilai, dan tradisi leluhur.
*). Masalah Potensi Generasi Mu
Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme.
-   Kurang pastinya masa depan yang akan dihadapi.
-  Belum seimbangnya generasi pemuda dengan jumlah fasilitas pendidikan.
- Kurangya lapangan pekerjaan.
- Kurangnya gizi.
- Banyak perkawinan dibawah umur.
- Pergaulan bebas.
- Meningkatnya kenakalan remaja.
- Belum adanya peraturan tentang generasi muda.
*). POTENSI GENERASI MUDA
Idealisme dan daya kritis.
Dinamika dan kreatifitas.
- Keberanian mengambil resiko.
- Optimis dan kegairahan semangat.
- Sikap kemandirian dan disiplin murni.
Terdidik.
- Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
- Patriotisme dan nasionalisme.
- Sikap kesatria.
- Kemampuan penguasaan ilmu dan teknnologi.
*). PROSES SOSIALISASI
- Adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuaian diri.
- Prosesnya berawal dari keluarga.
- Akan tercipta cara berfikir dan kebiasaan sosialisasi.
- Lembaganya adalah :
1.Keluarga.                                
2.Sekolah.
3.Kelompok sebaya.
*). TUJUAN SOSIALISASI
1.Agar individu tersebut dapat diberi ilmu pengetahuan.
2.Agar individu tersebut dapat berkomunikasi secara efektif dalam mengembangkan dirinya sendiri.
3.Mengendalikan fungsi-fungsi organik.
4.Dapat bertingkah laku selaras dengan masyarakat.

*). MENGEMBANGKAN POTENSI  GENERASI MUDA
- Mengadakan proyek bersama yang melibatkan pemuda (dalam hal ini adalah mahasiswa) Yang diadakan oleh M.I.T, Univ. Oregon, Univ. Carnegie Mellon.
- Lomba karya Ilmiah. Diadakan oleh banyak negara.
Contohnya: Olimpiade Fisika.

3. PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
Pentingnya Mengenyam  Bangku Pendidikan Tinggi
- Karena sebagai pemuda harus mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakatnya.
- Disana pemuda mendapat proses sosialisasi terpanjang.
- Pemuda dari berbagai etnis dan suku bangsa akan menyatu dalam bentuk akulturasi budaya. 
- Pemuda akan mempunyai pandangan yang lebih luas dan jauh ke depan serta keterampilan berorganisasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar